Minggu, 15 Januari 2012

Manfaat Minum Teh Setiap Hari Untuk Kesehatan Tubuh



Banyak alasan kenapa orang minum teh. Jika anda punya kebiasaan itu, teruskan saja. Ada banyak manfaat yang terkandung dalam satu cangkir teh. Apa saja ? 
  1. Memperlambat Proses Penuaan (Anti-aging)
    • Kandungan antioksidan menyebabkan umur hidup sel tubuh menjadi lebih panjang dan regenerasi sel berlangsung lebih lancar. Hal ini dapat meningkatkan umur harapan hidup. 
  2. Mengatasi Stress
    • Kandungan caffeine yang cukup tinggi mampu menekan stess/kecemasan dan meningkatkan kemampuan kerja otot/organ. 
  3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke
    • Teh membuat peredaran darah lancar dan bersih. Unsur serat yang terdapat pada teh mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga resiko penyumbatan dinding arteri oleh kolesterol (Arthriclerosis) yang merupakan pemicu penyakit jantung berkurang. Mineral Cu, Mn, antioksidan dan flavonoid pada teh mampu menekan dan memusnahkan serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan serangan jantung. Hasil studi di Belanda memperlihatkan, orang yang minum 2-3 cangkir teh hitam perhari memiliki sedikit resiko serangan jantung daripada yang tidak pernah minum teh
  4. Memperkuat Tulang
    • Ternyata bukan hanya kalsium susu yang membuat tulang anda kuat, orang yang rutin minum teh memiliki massa tulang lebih padat. 
  5. Memutihkan Gigi
    • Anggapan teh bisa membuat gigi nampak kusam rupanya tidak benar, Kadar Flour & Polifenol yang cukup tinggi pada teh merupakan unsur penting untuk kesehatan, mencegah plak dan sebagai disinfektan, hususnya dalam menghambat dan mematikan bakteri penyebab karies gigi. Lebih bagus lagi jika seusai menggosok gigi, anda berkumur dengan teh tanpa gula. 
  6. Mencegah Infeksi
    • Kandungan vitamin K yang cukup tinggi dalam teh berfungsi dalam pembekuan darah mampu mencegah pendarahan berkepanjangan karena luka. Juga bisa memperkuat sistem kekebalan dan menangkal serangan infeksi. 
  7. Mengatasi Kanker (Pankreas, Kulit, Perut, Hati)
    • Zat antioksidan bernama Polifenol yang ada dalam teh dapat mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker. Cu Mn, antioksidant dan flavonoid menangkal serangan radikal bebas perangsang tumbuhnya sel kanker. 
  8. Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi
    • Kandungan Mineral Kalium (K) lebih besar dari Natrium (N). Teh mengandung inhibitor unik enzym yang menstimulir tekanan darah (hypertency controller). 
  9. Pengobatan Diare 
    • Unsur serat pada teh mampu menyerap cairan, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi diare. Secara tradisional telah terbukti manfaatnya dengan teh kental. 
  10. Pengobatan Migrain atau Sakit Kepala
    • Berbagai alkaloid yang terkandung pada teh dapat berperan dalam proses pengobatan migrain. 
  11. Pengendalian Kadar Gula (Diabetic Controller)
    • Mineral Mn yang banyak pada teh, berperan sebagai Co-enzym dalam metabolisme gula, sehingga proses pembentukan energi lancar. 
  12. Penatalaksanaan Berat Badan
    • Kandungan serat yang tinggi pada teh menyebabkan paparan zat gizi dengan sitem pencernaan dalam tibuh menjadi lebih singkat, akibat zat gizi yang berhasil diserap tubuh menjadi lebih sedikit. 
    • Diuretic effect, sehingga pengeluaran cairan urine menjadi lancar. 
    • Bebas kalori. Tanpa tambahan pemanis, gula atau susu, teh tetap bebas kalori. Dengan begitu, teh bagus dikonsumsi bagi orang yang berdiet atau yang ingin mempertahankan berat badan. Coba konsumsi teh hijau sekitar 4 cangkir per hari. Itu dapat membakar lebih dari 80 kalori yang tertimbun di tubuh 
  13. Mengurangi Resiko Keracunan Makanan 
    • Unsur Catechin (salah satu unsur dalam Polifenol), telah terbuktibahwa unsur tersebut memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhanbeberapa bakteri yang menyebabkan keracunan makanan (menurutpenelitian dari Taiwan dan Jepang). 
  14. Memperkuat Daya Tahan Tubuh 
    • Dengan adanya vitamin C dan vitamin E, maka Teh dapat juga membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar